Wednesday, January 2, 2019

Membuat Hotspot Pada Jaringan Sekolah Menggunakan Mercusys

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Pada tutorial kali ini kami akan memberikan bagaimana cara membuat Jaringan sederhana di Sekolah (wifi) dengan menggunakan topologi yang ada di bawah ini. Mari kita lakukan settingannya dengan menggunakan 1 buah Router,1 buah Switch dan 9 buah Mercusys.


Sama seperti settingan kami sebelumnya yaitu pada link di bawah ini, untuk menyetting Router Pusatnya, dan membuat Hostpotnya pada ether2, dengan Ip address 192.168.20.1/29, tanpa membuat Ip bindingnya.


Setelah itu masukkan kabel Ether2 pada Switch yang ada pada Ruangan 8. Kemudian mari lakukan pada settingan Ruangan satu dengan Ip Static yang ada pada gambar. 

2. Selanjutnya kita akan membuat hotspot untuk setiap ruangannya dari ruangan 1-9. Untuk APnya disini kami merekomendasikan menggunakan Mercusys karena bisa digunakan oleh maksimal 40 orang.

3.Untuk settingan Mercusys, disini kami menggunakan static. Settingannya dapat dilihat pada blog kami sebelumnya dengan mengeklik link di bawah ini :


4. Isikan IP staticnya sesuai dengan apa yang ada di topologinya, dibawah ini merupakan Ip pada Ruang 2, kemudian sambungkan kabel ethernet menuju switch yang ada pada ruang 2. Kemudian coba login pada wifi yang telah dibuat.


(settingan pada ruang 2)

5. Untuk Wifi pada ruangan lainnya, settingannya sama dengan settingan sebelumnya,  hanya saja Ip sesuai dengan apa yang ada pada topologinya, lihatlah Settingan terakhir dari wifi yang kita ulang atau pada topologi adalah Ruang 9.



Langkah selanjutnya adalah pada Router Pusat kita cek perangkat mana saja yang sudah tehubung dengan wifi yang sudah kita buat sebelumnya.


Jika sudah terlihat perangkat yang terhubung maka kita sudah bisa melakukan monitoring.

Sekian tutorial yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment