Monday, January 7, 2019

Membagi Bandwith Secara Merata Di Jaringan Sekolah


Assalamu'alikum Wr. Wb

Pada tutorial kami sebelumnya kami telah membuat cara untuk mensetting atau membuat jaringan sederhana menggunakan mode Router. Dan pada tutorial kali ini, kami akan memberikan cara untuk mensetting bandwith management pada jaringan Sekolah dengan cara yang mudah dan cepat. Dan dibawah ini merupakan topologi yang akan kita buat. Berikut langkah-langkahnya...

1. Pertama buat settingan Hotspot Mikrotik, jika belum paham kliklah link dibawah ini, tetapi kita tidak perlu membuat IP binding.

https://queennetwork123.blogspot.com/2018/12/sinau-bareng-queen-cara-membuat-hotspot.html

2. Kemudian masukkan kabel ether2 pada switch, kemudian settinglah 9 Mercusys untuk masing-masing Ruangannya, jika belum mengerti setingannya, maka kliklah link dibawah ini.

http://queennetwork123.blogspot.com/2018/12/cara-setting-mercusys-mw305r-type-static.html

Perbedaannya adalah pada saat kita melakukan Quick Setup pada Mercusys kita pilih Dynamic hanya untuk melewatkan konfig karena kita hanya akan memilih LAN untuk disetting pada pilihan Advanced. Dan gambar dibawah ini merupakan Settingan Mercusys pada ruang satu.





3. Langkah selanjutnya adalah kita berikan IP binding pada Pc yang akan kita buat sebagai admin. Kita masukan pada switch yang ada pada Ruangan 2, gunanya untuk mengontrol setiap wifi yang telah kita buat sebelumnya tanpa perku login ke wifi yang ingin diakses. 

4. Jika sudah dibuat binding langkah selanjutnya adalah kita mengatur bandwith yang akan kita berikan setara pada client yang terhubung dengan hotspot yang kita buat. Disini kita akan mengatur bandwith dengan mode GUI /gambar. Lihat settingannya.


  • Masuk pada menu Mangle dengan memilih IP> Firewalle> Mangle, pilih chain dengan forward, dan isikan Scr Address dengan network yang akan kita berikna paa client. Lihat gambar di bawah ini.

  • Berikutnya, pada action pilihlah mark connection, lalu pada new mark connection isikan (user_connection) kemudian klik apply lalu OK.


  • Selanjutnya buatlah Mangle yang kedua dengan mengisikan chain dengan option forward lalu, pilihlah user_conn pada mark conectionnya, Lihat gambar.


  • Kemudian pada menu action kita isikan mark connection dengan new connectionnya (user_packet) kemudian pada pastrought kita unceklist. Lihat gambar berikut.


  • Selanjutnya pilih menu Queu, pilih Menu Queue Type, lalu pada menu Type Name isikan PCQ_DOWNLOAD dan pada menu kind isikan pcq.


  • Selanjutnya pilih menu Queu, pilih Menu Queue Type, lalu pada menu Type Name  isikanPCQ_UPLOAD dan pada menu kind isikan pcq.


  • Kemudian pilih Queue Tree kemudian isikan Name, parent, Packet Marks, Queue Type, Lihat gambar.


  • Setelah itu setting untuk settingan downloadnya, kemudian isikan Name, parent, Packet Marks, Queue Type, Lihat gambar.


  • Kemudian lihat hasil Queue yang kita buat tadi.


5. Demikian settingannya telah selesai dan untuk melihat device yang terhubung dengan wifi yang kita buat maka pada sisi admin kita cek masing- masing wifi yang kita buat tadi dengan menuliskan ip wifi yang kita buat di lan dan kita tuliskan pada web browser. Lihatlah gambar berikut.




Jika sudah terlihat perangkat yang terhubung maka kita sudah bisa melakukan monitoring.

Sekian tutorial yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment