Tuesday, February 12, 2019

Memulai Usaha Voucher Hotspot Dengan Management User Menggunakan Mikhmon

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada tutorial kali ini kami akan memberikan settingan Memulai Usaha Voucher Hotspot Dengan Management User Menggunakan Mikhmon.


1. Pertama, kita buat settingan Gateway Server terlebih dahulu, disini kami membuat Gateway Server dengan menu Quick Setup. Isikan Wlan sesuai keinginan, kemudian pilih frequensi yang belum ada dengan wifi sekitar. dan pada INternet kita pilih dengan automatic saja. Pada mwnu Local Network merupakan interface dari ether2, kita isikan IP sesuai keinginan kita sebagai adminnya, kemudian ceklist Bridge All LAN Port, DHCP dan NAT, isikan DHCP sesuai Range yang akan kita berikan. Jika sudah klik Apply kemudian OK. lalu close saja tampilan Quick Setupnya.




2. Langkah berikutnya adalah ubahlah Interface eher2 pada menu Ip> Address menjadi Bridge1.


3. Kemudian pada menu DHCP Server kita pilih menu leasess kemudain copy Mac Address laptop kita untuk diisikan pada menu Ip Bindings di menu hotspot.


4. Kemudian pada menu DHCP Server ubahlah interface ke bridge 1.


5. Lalu pada Ip> Services lihat apakah sudah ada servuces api atau belum, jika sudah berarti sudah dapat menjalankan Mikhmonnya.


6. Langkah selanjutnya, beri password pada Router admin pada menu System> User.

7.Berikutnya, pada file master mikhmon kita, kita ekstrak, setelah diekstrak kemudian file update kita juga kita ekstrak. Ekstrakan update kemudian kita masukkan dalam hasil ekstrakan master kita. Langkah selanjutnya setelah file master dan update disatukan kita copy kedalam file Exampp kita pada (Local Disk :C > Exampp > htdocs) kemudian ganti nama sesuai keinginan.

9. Langkah berikutnya, adalah pada browser kita ketikkan (localhost/nama yang kita ganti pada htdocs). Kemudian muncul tampilan mkhmonnya, dan pada username kita isikan (mikhmon) pada Password kita isikan (1234). Langkah selanjutnya klik Add Router, isikan session name Router sesuai dengan keinginan masing-masing.
Ip Mikrotik : (Ip Yang kita buat Hotspotnya)
Username : (admin)
Password : (sesuai yang kita beri pada menu System> User)
Hotspot Name : (Samakan saja dengan wifi yang kita buat di Mikrotik)
DNS Name : (harus sesuai dengan DNS LOgin yang kita buat pada Hotspot Setupnya).


8. Masih pada menu Dashboard kemudian pilih Profile > Add Profile kemudian kita buat profile untuk penggunanya sesuai kebutuhan. Lihatlah settingan dibawah ini jika sudah klik Save.


9. Dibawah ini merupakan Profile kedua yang kita buat.


10. Langkah selanjutnya kita buat Usernya, lalu isikan seperti dibawah ini. Kemudian kita pilih Save.


11. Langkah selanjutnya kita buat Vouchernya pada menu Dashboard, kemudian pilih Generate, lalu isikan settingannya seperti dibawah ini jika sudah kliklah Generate. kemudaian klik print untuk melihat vouchernya.


Jika ingin menggunakan wifi yang kita buat, maka konekkan perangkat anda dengan wifi yang kita buat tadi(nama wifi, sesuai SSID pada Mikrotik). Kemudian masukkan Username dan Passwordnya. lihat hasil print voucher dari mikhmonnya. Langkah selanjutnya masukkan Username dan Password sesuai dengan Vouchernya.



Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment