Tuesday, January 1, 2019

Cara Membuat Hotspot Binding Dengan tipe Bypassed

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada tutorial kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat Hotspot Binding dengan Tipe Bypassed dengan menggunakan mikrotik. Sebelumnya kami telah update cara mudah setting Mikrotik, jika belum paham, dapat mengunjungi link dibawah ini,

https://queennetwork123.blogspot.com/2018/12/cara-mudah-setting-mikrotik.html

Setelah sampai pada tahap terakhir pada link tersebut, maka selanjutnya dilanjutkan untuk setting Hotspotnya. Dibawah ini merupakan langkah-langkahnya...
Mari kita lakukan bersama.

1. Pertama, klik menu IP> Hotspot, lalu klik pilihan Hotspot Setup, pilih ether yang akan dijadikan Hotspot kemudian disambungkan pada access pointnya.








2. Kedua,pilih menu server profile unceklist cookie kemudian ceklist seperti gambar dibawah ini.


3. Selanjutnya, pilih User Profile lalu isikan nama dan isikan rate limit rx/tx sesuai kebutuhan. Lihat gambar berikut.


4. Pada settingan berikutnya, settinglah User yang akan menggunakan akses internetnya, disini saya membuat satu User dengan User profile siswa.


4. Setelah itu, masuk pada menu Ip Binding, kemudian masukkan network yang akan langsung di bypassed, disini langkah pertama network yang dibinding adalah IP milik Radio kita yaitu 192.168.0.0. Untuk settingan Radionya dapat melihat link dibawah ini, link pertama merupakan langkah untuk settingan mode Access Pointnya, link kedua untuk mode Station

https://queennetwork123.blogspot.com/2018/12/cara-setting-power-beam-m5-400-sebagai_21.html

https://queennetwork123.blogspot.com/2018/12/cara-setting-power-beam-m5-400-sebagai.html

Kemudian binding pada Mac Address milik Mercusys karena Radio yang telah kita setting station akan kita hubungkan pada Mercusys. Lihat gambar berikut.

(bindingan network milik Radio)

(bindingan Mac Address milik Mercusys)

5. Langkah selanjutnya klik host disamping menu Ip Binding, klik pada network dan Mac Address yang tadi akan anda binding, misalnya seperti dibawah ini, kemudian klik dua kali dan pilih "Make Binding" .


6. Langkah selanjutnya, coba cari wifi yang telah dibuat pada Radionya, kemudian masukan Username saat kita seting User pada Mikrotik untuk dapat mengakses internetnya.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment