Thursday, December 20, 2018

Cara Mengamankan Jaringan Dari User Ilegal

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial "Cara Mengamankan Jaringan Dari User Ilegal", disini kita tidak akan menggunakan banyak perintah. Mari langsung saja kita lakukan bersama....

Langkah yang pertama kali adalah membuka aplikasi winbox pada masing-masing PC.


Langkah kedua adalah, kita sambungkan Router kita pada interface ether2, kemudian kita refresh sampai muncul Mac Address dari Router kita. Kemudian setelah kita refresh kita klik pada Mac Address karena kita disini belum memliki IP Address, setelah itu kita klik connect.


Langkah ketiga adalah, kita beri nama Router kita masing-masing pada menu System>Identity>(beri nama sesuai yang diinginkan), jangan lupa di Apply lalu OK.


Langkah keempat adalah, dengan memberi alamat IP pada interface yang dihubungkan pada PC, disini saya menggunakan ether2, kemudian saya isikan dengan alamat IP 19.0.0.30/28.


Langkah kelima adalah, kita isikan dns pda menu IP>DNS pada menu tersebut kuta isikan dns public milik google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 seperti dibawah ini. Jangan lupa untuk di Apply kemudian OK.

Langkah keenam adalah, membuat dhcp-server untuk erher2 hanya dengan memlilih menu IP>DHCP>dhcp-server lalu pilih dhcp setup. Jika sudah succesfull maka kita double dhcp-server yang telah dibuat tadi, kita ubah pada menu Address Pool pilih static only dan ceklist menu Add ARP for Leasess.


Langkah ketujuh adalah, kita pilih menu Leasess dan kita klik ikon+ yang berwarna biru. Kemudian kita pilih menu General pada address kita pilih dhcp-pool kemudian kita isi MacAddressnya sesuai dengan PC, untuk melihat Mac Addressnya dengan klik kanan kemudian status kemudian pilih details, disitu akan tertera Mac Address masing-masing PC. Lihat gambar berikut.


 Langkah kedelapan adalah, lihat status leasesnya jika masih tertera waiting maka lebih baik anda disable lalu enable hingga status leasess sudah tertera bound. Lihat gambar dibawah ini.


Oke...Begitulah tutorial kali ini semoga dapat diterima dan dimengerti dengan baik. Mohon maaf bila ada kesalahan mohon dimaafkan. Terimakasih....

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

No comments:

Post a Comment