Monday, December 17, 2018

Cara Membuat Jaringan LAN Sederhana

Assalamu'alalikum Wr.Wb.

Pada tutorial saya yang pertama kali ini, saya akan memberikan tutorial cara membuat jaringan LAN sederhana. Tidak perlu panjang lebar mari kita langsung mulai bersama.

Langkah pertama kita membuka aplikasi Cisco Paket Tracer, hingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
Langkah selanjutnya mari kita membuat topologi jaringan LAN sederhana seperti di bawah ini.
Selanjutnya beri nama IP pada Router dan semua PC, seperti dibawah ini. Dengan cara pilih ikon Place Note untuk memberi nama.
Selanjutnya, setitng IP dengan cara klik PC0 atau PC pertama lalu pilih menu Desktop dan pilih menu IP Configuration, maka tampilannya seperti dibawah ini, lalu isikan IP sesuai dengan nama IP yang tadi dan untuk Gateway kita isikan IP Router dan begitu seterusnya hingga PC terakhir.
Langkah selanjutnya kita mengecek apakah masing-masing PC sudah terhubung dengan yang lainnya. Dengan cara klik salah satu PC lalu pilih menu Dektop lalu pilih Command Prompt, lalu cara untuk mengecek atau mengeping adalah dengan cara mengetikan IP yang akan di ping, misalnya " ping 19.0.0.30" lalu tekan Enter, apabila Reply maka tandanya sudah terhubung. Lakukan cara yang sama untuk semua PC.
Adapun cara lain untuk mengecek apakah PC nya sudah terhubung
yaitu dengan cara mengirim pesan dari PC yang satu ke PC yang lain. Denagn cara klik ikon Add Simple PDU pada toolbar sebelah kanan.
Jika terhubung maka pesan yang telah dikirim akan ada pemberitahuan Successful. Lakukan yang sama jika ingin mengetahui apakah semua PC sudah terhubung.



Demikian tutorial yang kita telah buat. Semoga berguna untuk kalian semua. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment